Total Pageviews

Tuesday, 25 June 2013

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

SEKOLAH                           : SMA NEGERI 1 GALESONG SELATAN
MATA PELAJARAN            : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             : XII/I

Standar Kompetensi   : Mendengar. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
1.   1 Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu, dan memerintah.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur meminta usulan.
·   Merespons tindak tutur meminta usulan (mengusulkan).
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon.
·   Menrespon tindak tutur memohon
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengeluh.
·   Menrespon tindak tutur mengeluh.
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu.
·   Merespons tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
·   Merespons tindak tutur memerintah













100

90

100

90

100
90

100


90


100

90














50

50

50

50

50
50

50


50


50

50














60

60

60

60

60
60

60


60


60

60













70

67

70

67

70
67

70


67


70

67






69










69
70


Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
1.    2 Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan.

·   Merespons tindak tutur mengakui kesalahan.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji.

·   Merespons tindak tutur berjanji.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur menyalahkan.

·   Merespons tindak tutur menyalahkan.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan hasrat dan keingintahuan.

·   Merespons tindak tutur ungkapan hasrat dan keingintahuan.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan berbagai sikap.

·   Merespons tindak tutur pernyataan berbagai sikap.














100


90


100


90

100


90


100



90


100



90














50


50


50


50

50


50


50



50


50



50














60


60


60


60

60


60


60



60


60



60














70


67


70


67

70


67


70



67


70



67





69



Standar Kompetensi   : Mendengar. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
2.1   Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

· Mengidentifikasi topik dari teks.

· Mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks.

· Mengidentifikasi tujuan dari teks

2.2  Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion.

·   Merespons wacana.

·   Mengidentifikasi tujuan teks yang didengar.

·   Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks yang didengar.

·   Mengidentifikasi tokoh dalam teks yang didengar.

·   Mengidentifikasi pesan dalam teks yang didengar.

·   Mengidentifikasi karakteristik tokoh dalam teks yang didengar.







95

95


95









90

95



95


95


95


95







55

55


55









55

55



55


55


55


55







60

60


60









60

60



60


60


60


60







70

70


70









68

70



70


70


70


70




70













70







70




Standar Kompetensi : Berbicara. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
3.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu, dan memerintah
·   Menggunakan tindak tutur meminta usulan.
·   Menggunakan tindak tutur mengeluh
·   Menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
·   Menggunakan tindak tutur meminta memerintah.

3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
·   Menggunakan tindak tutur mengakui kesalahan
·   Menggunakan tindak tutur berjanji
·   Menggunakan tindak tutur menyalahkan
·   Menggunakan tindak tutur mengungkapkan hasrat dan keingintahuan
·   Menggunakan tindak tutur pernyataan berbagai sikap














85

85

85


85
















85

85

85

85


85













60

60

60


60
















60

60

60

60


60













60

60

60


60
















60

60

60

60


60













68

68

68


68
















68

68

68

68


68





68




















68


68


Standar Kompetensi : Berbicara. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
4.1  Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
·   Menyampaikan teks secara lisan
·   Menggunakan bahasa lisan.

4.2  Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
·   Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan narrative.
·   Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan explanation.
·   Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan discussion.







85

85









85



85


85









60

60









60



60


60







60

60









60



60


60







68

68









68



68


68




68








68


68



Standar Kompetensi : Membaca. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
5.1  Merespons makna dlm teks fungsional pendek resmi & tak resmi yg menggunakan ragam bhs tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
·   Merespons wacana
·   Mengidentifikasi topik (gagasan) dari teks.
·   Mengidentifikasi penggunaan bahasa dan susunan teks.
5.2  Merespons makna & langkah retorika dlm esai yg menggunakan ragam bhs tulis secara akurat, lancar, & berterima dlm konteks kehidupan sehari-hari & untuk mengakses ilmu pengetahuan dlm teks berbentuk narrative, explanation, & discussion
·   Mengidentifikasi makna kata dalam teks.
·   Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks.
·   Mengidentifikasi tujuan penulisan teks.
·   Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks.
·   Mengidentifikasi tokoh dalam teks.
·   Mengidentifikasi gagasan utama dalam teks.
·   Mengidentifikasi karakteristik tokoh dlm teks yang didengar.
·   Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks.







90
95

95











95
95

95

95

95

95

95



95








65
65

65











65
65

65

65

65

65

65



65







60
60

60











65
65

65

65

65

65

65



65








72
73

73











75
75

75

75

75

75

75



75




73










75


74

Standar Kompetensi : Menulis. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation, dan discussion secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
6.1  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

·   Menggunakan tata tulis dengan akurat.

·   Menulis gagasan utama.

·   Mengelaborasi gagasan utama.

·   Membuat draft.

·   Menghasilkan teks fungsional.

6.2  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, explanation, dan discussion.


·   Menulis teks yang diacak ke dalam teks dengan generic structure yang tepat.

·   Merespons wacana secara tepat.

·   Menentukan tujuan penulisan teks.

·   Mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam teks.

·   Melakukan penyuntingan terhadap teks yang telah ditulis.

·   Menghasilkan tulisan berbentuk narrative.

·   Menghasilkan tulisan berbentuk explanation.

·   Menghasilkan tulisan berbentuk discussion








90


80

80


80

70














75


85


75


85


85



70


70



70








65


65

65


65

65














65


65


65


65


65



65


65



65








60


60

60


60

60














60


60


60


60


60



60


60



60









72


68

68


68

65














67


70


67


70


70



65


65



65





68




















67








68





Mengetahui                                                                 Galesong, 17 Juli 2010
Kepala Sekolah SMAN 1 Galesong Selatan               Koordinator Mata Pelajaran




DRS. MUHAMMAD DAHLAN                              AHMAD JUANDA, S.Pd.M.Pd
NIP 19510406 197403 1 003                                     NIP 19751028 200012 1 004

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

SEKOLAH                 : SMA NEGERI 1 GALESONG SELATAN
MATA PELAJARAN            : BAHASA INGGRIS
KELAS SEMESTER : XII / II

Standar Kompetensi:  Mendengar. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
1.1     Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mencegah.

·   Merespons tindak tutur mencegah.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengkritik
·   Merespons tindak tutur mengkritik.
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkankan harapan
·   Merespons tindak tutur mengungkapkan harapan.
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mencegah.
·   Merespons tindak tutur mencegah.
1.2     Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur menyesali.

·   Merespons tindak tutur menyesali.

·    Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud.

·   Merespons tindak tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan maksud.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur memprediksi.

·   Merespons tindak tutur memprediksi.
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur berspekulasi.
·   Merespons tindak tutur berspekulasi.
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur memberikan penilaian
·   Merespons tindak tutur memberikan penilaian














95


90


95

90

95


90

95


90















95


90


95





90




95


90

95


90

95


90














50


50


50

50

50


50

50


50















50


50


50





50




50


50

50


50

50


50














65


65


65

65

65


65

65


65















70


70


70





70




70


70

70


70

70


70














70


68


70

68

70


68

70


68















72


70


72





70




72


70

72


70

72


70





69































71



70

70

Standar Kompetensi : Mendengar. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
2.1      Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

·   Mengidentifikasi topik dari teks
·   Mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks
·   Mengidentifikasi tujuan dari teks.

2.2      Memahami dan merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review.

·   Merespons wacana
·   Mengidentifikasi tujuan teks yang didengar.
·   Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks yang didengar.
·   Mengidentifikasi tokoh dalam teks yang didengar.
·   Mengidentifikasi pesan dalam teks yang didengar.
·   Mengidentifikasi karakteristik tokoh dalam teks yang didengar.








95

95

95











85
90

90


90


90

90









50

50

50











50
50

50


50


50

50








70

70

70











70
70

70


70


70

70








72

72

72











68
70

70


70


70

70



72













70






71



Standar Kompetensi : Berbicara. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
3.1      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah.

·   Menggunakan tindak tutur membujuk.

·   Menggunakan tindak tutur mendorong semangat.

·   Menggunakan tindak tutur mengkritik.

·   Menggunakan tindak tutur mengungkapkan harapan.

·   Menggunakan tindak tutur mencegah.




3.2      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian.

·   Menggunakan tindak tutur menyesali.

·   Menggunakan tindak tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud.

·   Menggunakan tindak tutur memprediksi.

·   Menggunakan tindak tutur berspekulasi.

·   Menggunakan tindak tutur memberikan penilaian
























80


80


80


80


80






























80


80




80


80


80






















55


55


55


55


55






























55


55




55


55


55























65


65


65


65


65






























70


70




70


70


70

























67


67


67


67


67






























68


68




68


68


68






67




































68


68





Standar Kompetensi :  Berbicara. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
4.1         Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

·   Menyampaikan teks secara lisan.

·   Menggunakan bahasa lisan.

4.2         Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis  secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review

·   Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan narrative.

·   Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan review.















85


85














85




85
















55


55














55




55













70


70














70




70














70


70














70




70





70















70




70

Standar Kompetensi : Membaca. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
5.1      Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
·   Merespons wacana
·   Mengidentifikasi topik (gagasan) dari teks.
·   Mengidentifikasi penggunaan bahasa dan susunan teks.
5.2      Merespons makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative dan review
·   Mengidentifikasi makna kata dalam teks.
·   Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks.
·   Mengidentifikasi tujuan penulisan teks.
·   Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks.
·   Mengidentifikasi tokoh dalam teks.
·   Mengidentifikasi gagasan utama dalam teks.
·   Mengidentifikasi karakteristik tokoh dalam teks yang didengar.
·   Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks.








85
90

90











90

90

90

90

90

90

90


90








60
60

60











60

60

60

60

60

60

60


60








65
65

65











60

60

60

60

60

60

60


60








70
72

72











70

70

70

70

70

70

70


70





71












70


71

Standar Kompetensi :  Menulis. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esai  berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar & Indikator
KKM
NILAI KKM
Komp.
Daya D.
Intake
Indikator
KD
SK
MP
6.1      Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan review

·   Menulis teks yang diacak ke dalam teks dengan generic structure yang tepat
·   Merespons wacana secara tepat
·   Menentukan tujuan penulisan teks
·   Mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam teks
·   Melakukan penyuntingan terhadap teks yang telah ditulis.
·   Menghasilkan tulisan berbentuk narrative
·   Menghasilkan tulisan berbentuk review









85


80

80

85

80


80

80










65


65

65

65

65


65

65










60


60

60

60

60


60

60









70


68

68

68

68


68

68




68

68




Mengetahui                                                                 Galesong, 17 Juli 2010
Kepala Sekolah SMAN 1 Galesong Selatan               Guru Mata Pelajaran




DRS. MUHAMMAD DAHLAN                              AHMAD JUANDA, S.Pd.M.Pd
NIP 19510406 197403 1 003                                     NIP 19751028 200012 1 004


0 comments:

Post a Comment