KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
SEKOLAH : SMA NEGERI 1 GALESONG SELATAN
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER : XII/I
Standar Kompetensi :
Mendengar. Memahami makna
dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
1.
1 Merespons makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan
atau melakukan sesuatu, dan memerintah.
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur meminta usulan.
· Merespons tindak tutur meminta
usulan (mengusulkan).
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon.
·
Menrespon tindak tutur memohon
· Mengidentifikasi makna tindak tutur
mengeluh.
·
Menrespon tindak tutur mengeluh.
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas
kemungkinan atau melakukan sesuatu.
·
Merespons tindak tutur membahas kemungkinan
atau melakukan sesuatu
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
·
Merespons tindak tutur memerintah
|
100
90
100
90
100
90
100
90
100
90
|
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
70
67
70
67
70
67
70
67
70
67
|
69
|
69
|
70
|
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
1.
2 Merespons makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh,
mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap.
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui
kesalahan.
·
Merespons tindak tutur mengakui kesalahan.
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji.
·
Merespons tindak tutur berjanji.
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur
menyalahkan.
·
Merespons tindak tutur menyalahkan.
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur
mengungkapkan hasrat dan keingintahuan.
·
Merespons tindak tutur ungkapan hasrat dan
keingintahuan.
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan
berbagai sikap.
·
Merespons tindak tutur pernyataan berbagai
sikap.
|
100
90
100
90
100
90
100
90
100
90
|
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
70
67
70
67
70
67
70
67
70
67
|
69
|
|
|
Standar Kompetensi :
Mendengar. Memahami makna
dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation,
dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
2.1 Merespons
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
·
Mengidentifikasi
topik dari teks.
·
Mengidentifikasi
informasi tertentu dalam teks.
· Mengidentifikasi tujuan dari teks
2.2 Merespons makna
dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
explanation, dan discussion.
·
Merespons wacana.
·
Mengidentifikasi tujuan teks yang didengar.
·
Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks
yang didengar.
· Mengidentifikasi tokoh dalam teks yang
didengar.
· Mengidentifikasi pesan dalam teks
yang didengar.
·
Mengidentifikasi
karakteristik tokoh dalam teks yang didengar.
|
95
95
95
90
95
95
95
95
95
|
55
55
55
55
55
55
55
55
55
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
70
70
70
68
70
70
70
70
70
|
70
70
|
70
|
|
Standar Kompetensi : Berbicara. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan
transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan
atau melakukan sesuatu, dan memerintah
·
Menggunakan tindak tutur meminta usulan.
·
Menggunakan tindak tutur mengeluh
·
Menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan
atau melakukan sesuatu
·
Menggunakan tindak tutur meminta memerintah.
3.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh,
mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
·
Menggunakan tindak tutur mengakui kesalahan
·
Menggunakan tindak tutur berjanji
·
Menggunakan tindak tutur menyalahkan
·
Menggunakan tindak tutur mengungkapkan hasrat
dan keingintahuan
·
Menggunakan tindak tutur pernyataan berbagai
sikap
|
85
85
85
85
85
85
85
85
85
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
68
68
68
68
68
68
68
68
68
|
68
68
|
68
|
|
Standar Kompetensi : Berbicara. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek
dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
4.1 Merespons
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari
· Menyampaikan teks secara lisan
·
Menggunakan
bahasa lisan.
4.2 Mengungkapkan
makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
·
Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana
lisan narrative.
·
Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana
lisan explanation.
·
Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana
lisan discussion.
|
85
85
85
85
85
|
60
60
60
60
60
|
60
60
60
60
60
|
68
68
68
68
68
|
68
68
|
68
|
|
Standar Kompetensi : Membaca. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks
tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
5.1 Merespons makna dlm teks fungsional pendek resmi
& tak resmi yg menggunakan ragam bhs tulis secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan
· Merespons wacana
· Mengidentifikasi topik (gagasan) dari teks.
·
Mengidentifikasi
penggunaan bahasa dan susunan teks.
5.2 Merespons
makna & langkah retorika dlm esai yg menggunakan ragam bhs tulis secara
akurat, lancar, & berterima dlm konteks kehidupan sehari-hari & untuk
mengakses ilmu pengetahuan dlm teks berbentuk narrative, explanation, &
discussion
·
Mengidentifikasi makna kata dalam teks.
·
Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks.
·
Mengidentifikasi tujuan penulisan teks.
·
Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks.
·
Mengidentifikasi tokoh dalam teks.
·
Mengidentifikasi gagasan utama dalam teks.
·
Mengidentifikasi karakteristik tokoh dlm teks
yang didengar.
·
Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks.
|
90
95
95
95
95
95
95
95
95
95
95
|
65
65
65
65
65
65
65
65
65
65
65
|
60
60
60
65
65
65
65
65
65
65
65
|
72
73
73
75
75
75
75
75
75
75
75
|
73
75
|
74
|
|
Standar Kompetensi : Menulis. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang
berbentuk narrative, explanation, dan discussion secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
6.1 Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
·
Menggunakan tata tulis dengan akurat.
·
Menulis gagasan utama.
·
Mengelaborasi gagasan utama.
·
Membuat draft.
·
Menghasilkan teks fungsional.
6.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, explanation, dan discussion.
·
Menulis
teks yang diacak ke dalam teks dengan generic structure yang tepat.
·
Merespons wacana secara tepat.
·
Menentukan tujuan penulisan teks.
·
Mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam
teks.
·
Melakukan penyuntingan terhadap teks yang
telah ditulis.
·
Menghasilkan tulisan berbentuk narrative.
·
Menghasilkan tulisan berbentuk explanation.
·
Menghasilkan tulisan berbentuk discussion
|
90
80
80
80
70
75
85
75
85
85
70
70
70
|
65
65
65
65
65
65
65
65
65
65
65
65
65
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
72
68
68
68
65
67
70
67
70
70
65
65
65
|
68
67
|
68
|
|
Mengetahui Galesong,
17 Juli 2010
Kepala Sekolah SMAN 1 Galesong
Selatan Koordinator Mata
Pelajaran
DRS. MUHAMMAD DAHLAN AHMAD JUANDA,
S.Pd.M.Pd
NIP 19510406 197403 1 003 NIP
19751028 200012 1 004
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
SEKOLAH : SMA NEGERI 1 GALESONG SELATAN
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS SEMESTER : XII / II
Standar Kompetensi: Mendengar.
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan
berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan
melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik,
mengungkapkan harapan, dan mencegah.
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur mencegah.
· Merespons tindak tutur mencegah.
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur mengkritik
· Merespons tindak tutur mengkritik.
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur mengungkankan harapan
· Merespons tindak tutur
mengungkapkan harapan.
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur mencegah.
·
Merespons tindak tutur mencegah.
1.2 Merespons
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan
melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/ menanyakan rencana,
tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian.
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyesali.
·
Merespons tindak tutur menyesali.
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur
mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud.
·
Merespons tindak tutur mengungkapkan/
menanyakan rencana, tujuan maksud.
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur memprediksi.
·
Merespons tindak tutur memprediksi.
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur berspekulasi.
·
Merespons tindak tutur berspekulasi.
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur memberikan
penilaian
·
Merespons tindak tutur memberikan penilaian
|
95
90
95
90
95
90
95
90
95
90
95
90
95
90
95
90
95
90
|
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
50
|
65
65
65
65
65
65
65
65
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
68
70
68
70
68
70
68
72
70
72
70
72
70
72
70
72
70
|
69
71
|
70
|
70
|
Standar Kompetensi : Mendengar. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks
kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
2.1 Merespons
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
·
Mengidentifikasi topik dari teks
·
Mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks
·
Mengidentifikasi tujuan dari teks.
2.2 Memahami
dan merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks berbentuk: narrative dan review.
·
Merespons wacana
·
Mengidentifikasi tujuan teks yang didengar.
·
Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks
yang didengar.
·
Mengidentifikasi tokoh dalam teks yang
didengar.
·
Mengidentifikasi pesan dalam teks yang
didengar.
·
Mengidentifikasi
karakteristik tokoh dalam teks yang didengar.
|
95
95
95
85
90
90
90
90
90
|
50
50
50
50
50
50
50
50
50
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
72
72
72
68
70
70
70
70
70
|
72
70
|
71
|
|
Standar Kompetensi : Berbicara. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional
dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
3.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan
dalam konteks sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong
semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah.
·
Menggunakan tindak
tutur membujuk.
·
Menggunakan tindak
tutur mendorong semangat.
·
Menggunakan tindak
tutur mengkritik.
·
Menggunakan tindak
tutur mengungkapkan harapan.
·
Menggunakan tindak
tutur mencegah.
3.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan
dalam konteks sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali,
mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi,
dan memberikan penilaian.
·
Menggunakan tindak
tutur menyesali.
·
Menggunakan tindak
tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud.
·
Menggunakan tindak
tutur memprediksi.
·
Menggunakan tindak
tutur berspekulasi.
·
Menggunakan tindak
tutur memberikan penilaian
|
80
80
80
80
80
80
80
80
80
80
|
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
|
65
65
65
65
65
70
70
70
70
70
|
67
67
67
67
67
68
68
68
68
68
|
67
68
|
68
|
|
Standar Kompetensi : Berbicara.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk
narrative dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
4.1
Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi
dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
· Menyampaikan teks secara lisan.
·
Menggunakan
bahasa lisan.
4.2
Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang
menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: narrative dan review
·
Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana
lisan narrative.
·
Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana
lisan review.
|
85
85
85
85
|
55
55
55
55
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
|
70
|
|
Standar Kompetensi : Membaca. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative
dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
5.1 Merespons
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
·
Merespons wacana
·
Mengidentifikasi topik (gagasan) dari teks.
·
Mengidentifikasi
penggunaan bahasa dan susunan teks.
5.2
Merespons makna
dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative dan review
·
Mengidentifikasi makna kata dalam teks.
·
Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks.
·
Mengidentifikasi tujuan penulisan teks.
·
Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks.
·
Mengidentifikasi tokoh dalam teks.
·
Mengidentifikasi gagasan utama dalam teks.
·
Mengidentifikasi karakteristik tokoh dalam
teks yang didengar.
·
Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks.
|
85
90
90
90
90
90
90
90
90
90
90
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
65
65
65
60
60
60
60
60
60
60
60
|
70
72
72
70
70
70
70
70
70
70
70
|
71
70
|
71
|
|
Standar Kompetensi : Menulis.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esai berbentuk narrative dan review dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
& Indikator
|
KKM
|
NILAI KKM
|
|||||
Komp.
|
Daya D.
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|
6.1 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esai dengan menggunakan ragam tulis secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk narrative dan review
·
Menulis teks yang diacak ke dalam teks dengan
generic structure yang tepat
·
Merespons wacana secara tepat
·
Menentukan tujuan penulisan teks
·
Mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam
teks
·
Melakukan penyuntingan terhadap teks yang
telah ditulis.
· Menghasilkan
tulisan berbentuk narrative
·
Menghasilkan
tulisan berbentuk review
|
85
80
80
85
80
80
80
|
65
65
65
65
65
65
65
|
60
60
60
60
60
60
60
|
70
68
68
68
68
68
68
|
68
|
68
|
|
Mengetahui Galesong,
17 Juli 2010
Kepala Sekolah SMAN 1 Galesong
Selatan Guru Mata Pelajaran
DRS. MUHAMMAD DAHLAN AHMAD JUANDA,
S.Pd.M.Pd
NIP 19510406 197403 1 003 NIP
19751028 200012 1 004
0 comments:
Post a Comment