Total Pageviews

Friday, 15 November 2013

Bagaimana Mengamati (Mengawasi) secara Aktif?

Sering para siswa tidak berpikir dan belajar aktif pada waktu menonton video. Beberapa orang guru mengajukan sejumlah pertanyaan kepada mereka untuk dijawab pada waktu mereka menonton video. Biasanya pertanyaan-pertanyaan itu disajikan dengan jawaban-jawaban akan muncul di dalam video dan ungkapan-ungkapan kunci di dalam pertanyaan-pertanyaan juga terjadi di dalam video, sehingga menunjuk
pada jawaban. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mudah dijawab dan jarang menuntut keterlibatan aktif.

Untuk menjamin agar para siswa berpikir aktif sewaktu menonton video, mintalah mereka untuk:
• Menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang mereka pikirkan pada waktu menonton video. Ini dapat
   digunakan sebagai dasar untuk dikusi kemudian atau penelitian lanjutan tentang topik itu.
• Menuliskan contoh-contoh kategori tertentu dari peristiwaperistiwa, benda-benda atau hewan-hewan, dan
  sebagainya yang muncul dalam video itu. Ini dapat didiskusikan kemudian dan dikelompokkan sebagai
  dasar untuk kegiatan meraih konsep.

0 comments:

Post a Comment