Sering para siswa tidak berpikir dan belajar aktif pada waktu menonton video. Beberapa orang guru mengajukan sejumlah pertanyaan kepada mereka untuk dijawab pada waktu mereka menonton video. Biasanya pertanyaan-pertanyaan itu disajikan dengan jawaban-jawaban akan muncul di dalam video dan ungkapan-ungkapan kunci di dalam pertanyaan-pertanyaan juga terjadi di dalam video, sehingga menunjuk
pada jawaban. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mudah dijawab dan jarang menuntut keterlibatan aktif.
Untuk menjamin agar para siswa berpikir aktif sewaktu menonton video, mintalah mereka untuk:
• Menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang mereka pikirkan pada waktu menonton video. Ini dapat
digunakan sebagai dasar untuk dikusi kemudian atau penelitian lanjutan tentang topik itu.
• Menuliskan contoh-contoh kategori tertentu dari peristiwaperistiwa, benda-benda atau hewan-hewan, dan
sebagainya yang muncul dalam video itu. Ini dapat didiskusikan kemudian dan dikelompokkan sebagai
dasar untuk kegiatan meraih konsep.
pada jawaban. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mudah dijawab dan jarang menuntut keterlibatan aktif.
Untuk menjamin agar para siswa berpikir aktif sewaktu menonton video, mintalah mereka untuk:
• Menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang mereka pikirkan pada waktu menonton video. Ini dapat
digunakan sebagai dasar untuk dikusi kemudian atau penelitian lanjutan tentang topik itu.
• Menuliskan contoh-contoh kategori tertentu dari peristiwaperistiwa, benda-benda atau hewan-hewan, dan
sebagainya yang muncul dalam video itu. Ini dapat didiskusikan kemudian dan dikelompokkan sebagai
dasar untuk kegiatan meraih konsep.
0 comments:
Post a Comment