Rancangan
Pemberian Tugas Tutorial Ke-3
Kode
dan Nama Mata Kuliah : IDIK4008/Penelitian
Tindakan Kelas
Pokok
Bahasan : Hakikat
Penelitian Tindakan Kelas & Langkah-langkah PTK
Nama
Pengembang :
Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa
Registrasi :
2010.2
Rentang
Skor : 0
– 100
Kompetensi
Khusus/TIK: Mahasiswa mampu:
·
menjelaskan
pengertian PTK;
·
menjelaskan
karakteristik PTK;
·
menjelaskan
manfaat PTK;
·
menjelaskan
keterbatasan/kelemahan PTK;
·
menjelaskan
keunggulan PTK;
·
menjelaskan
cara-cara mengidentifikasi masalah;
·
merinci
langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan;
·
menjelaskan
langkah-langkah dalam melaksanakan PTK;
·
mendeskripsikan
berbagai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data;
·
menjelaskan
langkah-langkah dalam merencanakan tindak lanjut.
|
Uraian
Tugas:
1.
Jelaskanlah
pengertian PTK.
2.
Jelaskanlah
karakteristik PTK.
3.
Jelaskanlah
manfaat PTK bagi guru.
4.
Jelaskanlah
keterbatasan/kelemahan PTK.
5.
Jelaskanlah
keunggulan PTK.
6.
Jelaskanlah
cara-cara mengidentifikasi masalah.
7.
Kemukakanlah
langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan.
8.
Jelaskanlah
langkah-langkah dalam melaksanakan PTK.
9.
Deskripsikanlah
berbagai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data.
10. Jelaskanlah langkah-langkah
dalam merencanakan tindak lanjut.
|
Kriteria Penilaian Tugas Tutorial
Kode dan Nama Mata
kuliah : IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan : Hakikat Penelitian Tindakan Kelas &
Langkah-langkah PTK
Nama Pengembang : Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi : 2010.2
Rentang Skor : 0 – 100
No
|
Aspek/Konsep yang dinilai
|
Bobot
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10
|
·
Pengertian PTK
o
Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang
dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri, dengan tujuan untuk
memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi
meningkat.
·
Karakteristik PTK
o
An inquiry of practice from within (penelitian berawal
dari kerisauan guru akan kinerjanya). Kepedulian guru terhadap kualitas
pembelajaran yang dikelolanya merupakan awal dari munculnya masalah yang
perlu dicari jawabannya.
o
Self-reflective inquiry (metode utama adalah refleksi
diri, bersifat agak longgar, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah
penelitian).
o
Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran berupa
perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
o
Tujuannya:
memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan
terus-menerus, selama kegiatan penelitian dilakukan.
·
Manfaat PTK bagi guru
o
Membantu
guru memperbaiki pembelajaran. Perbaikan ini akan menimbulkan rasa puas bagi
guru karena ia sudah melakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
yang dikelolanya.
o
Membantu
guru berkembang secara professional karena dapat menunjukkan bahwa ia mampu
menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya.
o
Meningkatkan
rasa percaya diri guru. Guru yang penuh percaya diri merupakan guru yang
mampu melakukan analisis terhadap kinerjanya sendiri di dalam kelas sehingga
menemukan kekuatan dan kelemahan dan kemudian mengembangkan alternatif untuk
mengatasi kelemahannya.
o
Memungkinkan
guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Guru tidak
hanya menerima hasil perbaikan yang ditemukan orang lain, namun ia sendiri
adalah perancang dan pelaku perbaikan tersebut, yang menghasilkan berbagai
teori dalam memperbaiki pembelajaran.
·
Keterbatasan/kelemahan PTK
o
Validitasnya
yang sering masih dipertanyakan, serta tidak mungkin melakukan generalisasi
karena sampelnya hanya kelas dari guru yang berperan sebagai pengajar dan
peneliti.
·
Keunggulan PTK
o
Praktis
dan langsung relevan untuk situasi yang aktual
o
Kerangka
kerjanya teratur
o
Berdasarkan
pada observasi yang nyata dan objektif
o
Fleksibel
dan aditif
o
Dapat
digunakan untuk inovasi pembelajaran
o
Dapat
digunakan untuk mengembangkan kurikulum tingkat kelas
o
Dapat
digunakan untuk meningkatkan kepekaan atau profesionalisme guru
·
Cara-cara mengidentifikasi masalah
o
Identifikasi
masalah dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri
tentang pembelajaran yang dikelola. Pertanyaannya yaitu:
§ Apa yang sedang terjadi di
kelas saya?
§ Masalah apa yang ditimbulkan
oleh kejadian itu?
§ Apa pengaruh masalah tersebut
bagi kelas saya?
§ Apa yang akan terjadi jika
masalah tersebut saya biarkan?
§ Apa yang dapat saya lakukan
untuk mengatasi masalah tersebut?
·
Langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan
o
Dilakukan
dengan mengkaji teori dan hasil penelitian yang relevan, berdiskusi dengan
teman sejawat dan pakar, serta menggali pengalaman sendiri. Berdasarkan hasil
yang dicapai dalam langkah ini, dikembangkan cara perbaikan atau tindakan
yang sesuai dengan kemampuan dan komitmen guru, kemampuan siswa, sarana dan
fasilitas yang tersedia, serta iklim belajar dan iklim kerja di sekolah.
·
Langkah-langkah dalam melaksanakan PTK
o
Pelaksanaan
tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan skenario
tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat
pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan menganalisis
data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
o
Dalam
melaksanakan tindakan atau perbaikan, observasi dan interpretasi dilakukan
secara simultan. Aktor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat
perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat. Agar pelaksanaan tindakan
sesuai dengan kaidah PTK,
·
Berbagai
kaidah dan teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data.
o
Pengumpulan
data dalam PTK dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti: observasi,
catatan harian, rekaman, angket, wawancara, serta analisis dokumen hasil
belajar siswa.
o
Analisis
data dilakukan dengan menyeleksi dan mengelompokkan data, memaparkan atau
mendeskripsikan data dalam bentuk narasi, tabel, dan/atau grafik, serta
menyimpulkan dalam bentuk pernyataan.
·
Langkah-langkah
dalam merencanakan tindak lanjut.
o
Berdasarkan
hasil analisis dilakukan refleksi, yaitu renungan atau mengingat kembali apa
yang sudah berhasil dikerjakan, mengapa berhasil. Berdasarkan hasil refleksi,
guru melakukan perencanaan tindak lanjut, yang dapat berupa revisi dari
rencana lama, atau baru sama sekali.
|
5
16
16
3
14
10
6
10
10
10
|
0 – 5
0 – 20
0 – 20
0 – 5
0 – 10
0 – 5
0 – 5
0 – 10
0 – 10
0 – 10
|
Jumlah
|
100
|
100
|
Nilai Mahasiswa =
Rancangan
Pemberian Tugas Tutorial Ke-5
Kode dan Nama Mata
Kuliah : IDIK4008/Penelitian
Tindakan Kelas
Pokok Bahasan :
Merancang PTK & Melaksanakan Perbaikan dalam Pembelajaran.
Nama Pengembang : Ahmad Juanda,
S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi : 2010.2
Rentang Skor : 0 – 100
Kompetensi
Khusus/TIK: Mahasiswa mampu:
·
menentukan
langkah-langkah untuk menemukan masalah;
·
menganalisis
masalah yang ditemukan;
·
merumuskan
masalah;
·
mengembangkan
alternative tindakan;
·
menentukan
cara pengumpulan data;
·
menyusun
rencana perbaikan secara lengkap;
·
menyusun
proposal PTK;
·
membedakan
peran guru sebagai pengajar dan peneliti;
·
membangun
kolaborasi dengan teman sejawat;
·
melaksanakan
perbaikan per daur /siklus;
·
melakukan
refleksi.
|
Uraian
Tugas:
1. Tentukanlah langkah-langkah
untuk menemukan masalah.
2. Bagaimanakah cara menganalisis
masalah yang Anda temukan?
3. Bagaimanakah cara merumuskan
masalah?
4. Bagaimanakah cara mengembangkan
alternative tindakan?
5. Jelaskanlah cara menentukan
cara pengumpulan data.
6. Bagaimanakah cara menyusun
rencana perbaikan secara lengkap?
7. Tuliskanlah sebuah susunan
proposal PTK.
8. Bedakanlah peran guru sebagai
pengajar dan sebagai peneliti.
9. Bagaimanakah cara membangun kolaborasi
dengan teman sejawat?
10. Terangkanlah cara melaksanakan
perbaikan per daur/siklus.
11. Terangkanlah cara melakukan
refleksi.
|
Kriteria Penilaian Tugas Tutorial
Kode dan Nama Mata
kuliah : IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan : Merancang PTK & Melaksanakan Perbaikan
dalam Pembelajaran.
Nama Pengembang : Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi : 2010.2
Rentang Skor : 0 – 100
No
|
Aspek/Konsep yang dinilai
|
Bobot
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
|
·
Langkah-langkah untuk menemukan masalah.
o
Untuk
menemukan masalah, perlu dilakukan identifikasi masalah.
o
Identifikasi
masalah dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti: melakukan refleksi
untuk mendiagnosis pembelajaran yang kita kelola, melihat hasil belajar
siswa, atau melakukan diskusi dengan teman sejawat, bahkan dengan kepala
sekolah atau dosen LPTK.
o
Masalah
yang sudah diidentifikasi perlu dianalisis agar akar penyebab masalah dapat
kita temukan.
·
Cara menganalisis masalah yang ditemukan.
o
Merenungkan
kembali masalah tersebut dengan melakukan introspeksi/refleksi melalui
pertanyaan yang diajukan pada diri sendiri, mengapa masalah tersebut sampai
terjadi
o
Bertanya
kepada siswa baik melalui angket maupun wawancara langsung tentang
persepsinya terhadap pembelajaran
o
Menelaah
berbagai dokumen seperti pekerjaan rumah siswa, soal-soal ulangan, serta hasil
ulangan/latihan siswa.
·
Cara
merumuskan masalah
o
Berdasarkan
akar penyebab masalah, kita dapat merumuskan masalah pembelajaran dalam
bentuk masalah/pertanyaan penelitian, yang akan dicari jawabannya dalam PTK.
Sehubungan dengan itu, rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat tanya,
mengandung aspek yang akan diperbaiki dan upaya memperbaikinya.
·
Cara mengembangkan alternatif tindakan.
o
Kaji
teori-teori yang relevan Keunggulan PTK.
o
Tetapkan
teori mana yang kira-kira sesuai diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut.
o
Berdiskusi
dengan pakar pembelajaran/pakar bidang studi untuk menemukan cara perbaikan
atau memvalidasi teori yang sudah ditetapkan.
o
Kita
dapat mengingat pengalaman kita sendiri dalam mengatasi masalah yang serupa.
·
Cara menentukan cara pengumpulan dara.
o
Prosedur
dan alat pengumpul data ditentukan berdasarkan masalah dan tujuan perbaikan.
o
Prosedur
dan alat pengumpul data dapat berupa observasi dengan menggunakan lembar
observasi, wawancara berdasarkan panduan wawancara, catatan guru, dan
refleksi.
·
Cara menyusun rencana perbaikan secara lengkap.
o
Membuat
skenario pembelajaran.
o
Menyiapkan
sarana dan fasilitas pembelajaran.
o
Mensimulasikan
pelaksanaan pembelajaran berdasarkan RPP untuk melihat kelayakannya.
o
Menyempurnakan
RPP berdasarkan hasil simulasi
·
Susunan proposal PTK
o
Judul
o
Bidang
Kajian
o
Pendahuluan,
yang memuat latar belakang munculnya masalah serta akar penyebab masalah.
o
Perumusan
dan pemecahan masalah, yang terdiri dari: (1) perumusan masalah, (2)
pemecahan masalah, (3) tujuan penelitian, dan (4) manfaat penelitian.
o
Kajian
Pustaka.
o
Rencana
dan Prosedur Penelitian.
·
Peran
guru sebagai pengajar dan sebagai peneliti.
o
Sebagai
pelaksana PTK, guru mempunyai peran & tugas yang lebih besar dibandingkan
guru yang mengajar tanpa melaksanakan PTK.
o
Pada
tahap perencanaan guru pelaksana PTK harus membuat persiapan yang lebih
rinci, menetapkan tujuan perbaikan, mencantumkan pertanyaan yang akan diajukan,
mendeskripsikan dengan cermat setiap langkah kegiatan, serta melakukan
kesepakatan dengan teman sejawat yang akan membantu mengamatinya.
o
Pada
tahap pelaksanaan, di samping mengajar sebagai biasa, guru pelaksana PTK juga
harus mengumpulkan data yang terkait dengan tindakan perbaikan yang sedang
dilaksanakan.
o
Setelah
pelajaran usai, guru pelaksana PTK harus segera menghimpun data dan melakukan
refleksi, melengkapi data yang masih kurang melalui dialog dengan siswa dan
teman sejawat yang membantu, serta melakukan analisis data sampai ditemukan
kesimpulan hasil tindakan perbaikan yang akan dijadikan masukan untuk
perencanaan berikutnya.
o Guru pelaksana
PTK sangat perlu membangun kolaborasi dengan teman sejawat, baik di sekolah
sendiri maupun dari sekolah lain, serta dengan pakar bidang studi dan dosen
LPTK.
·
Cara
melakukan kolaborasi dengan teman sejawat.
o Kolaborasi
dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pertemuan KKG, PKG, pendekatan
pribadi, dan melalui media.
·
Perbaikan per daur/siklus
o
Pelaksanaan
tindakan perbaikan harus diawali dengan persiapan akhir, yang meliputi
pemeriksaan/pengecekan berbagai kegiatan/ aspek berikut.
§ Komponen
Rencana Perbaikan secara keseluruhan.
§ Kelogisan/kualitas
pertanyaan yang akan diajukan.
§ Ketersediaan
alat-alat pelajaran yang diperlukan.
§ Mencobakan
alat-alat pelajaran yang akan digunakan.
§ Urutan
kegiatan pada setiap tahap.
§ Kesiapan
lembar observasi yang akan digunakan.
§ Kesiapan teman
sejawat untuk membantu sebagai pengamat jika memang diperlukan.
o
Pelaksanaan
tindakan perbaikan berlangsung di kelas guru sendiri sesuai dengan rencana
perbaikan yang telah disiapkan
·
Cara melakukan refleksi
o
Refleksi dilakukan setelah data pembelajaran
diolah, atau setelah guru mempunyai gambaran tentang keberhasilan/kegagalan
atau kekuatan/ kelemahan tindakan perbaikan yang dilakukan.
|
10
10
5
10
5
10
10
15
5
10
10
|
0 – 10
0 – 10
0 – 5
0 – 10
0 – 5
0 – 10
0 – 10
0 – 15
0 – 5
0 – 10
0 – 10
|
|
Jumlah
|
100
|
100
|
Nilai Mahasiswa =
Rancangan
Pemberian Tugas Tutorial Ke-7
Kode dan Nama Mata
Kuliah : IDIK4008/Penelitian
Tindakan Kelas
Pokok Bahasan :
Menganalis dan menginterpretasikan data serta menindaklanjuti hasil PTK.
Nama Pengembang : Ahmad Juanda,
S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi : 2010.2
Rentang Skor : 0 – 100
Kompetensi
Khusus/TIK: Mahasiswa mampu:
·
Menganalisis
data PTK;
·
Menyajikan
hasil analisis data;
·
Menginterpretasikan
hasil analisis;
·
Menyimpulkan
hasil PTK;
·
Menindaklanjuti
hasil PTK;
|
Uraian
Tugas:
1. Tuliskan pengertian analisis
data dan pengertian interpretasi data.
2. Bagaimanakah cara menganalisis
data.
3. Bagaimanakah cara menyajikan
hasil analisis data.
4. Tuliskanlah langkah-langkah
dalam penyusunan kesimpulan.
|
Kriteria Penilaian Tugas Tutorial
Kode dan Nama Mata Kuliah : IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan : Merancang PTK & Melaksanakan Perbaikan
dalam Pembelajaran.
Nama Pengembang : Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi : 2010.2
Rentang Skor : 0 – 100
No
|
Aspek/Konsep yang dinilai
|
Bobot
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
|
·
Pengertian analisis data dan interpretasi data.
o
Analisis
data adalah upaya yang dilakukan oleh guru yang berperan sebagai peneliti
untuk merangkum secara akurat data yang telah dikumpulkan dalam bentuk yang
dapat dipercaya dan benar.
o
Interpretasi
data adalah upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan
untuk menjawab pertanyaan penelitian. Interpretasi ini pada gilirannya akan
menjadi temuan penelitian.
·
Cara menganalisis data.
o
Analisis
data dilakukan dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan, data yang ada,
merangkumnya, kemudian menyajikan dalam bentuk yang mudah dibaca atau
dipahami.
o
Data
kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menemukan
persentase, dan nilai rata-rata.
·
Cara menyajikan hasil analisis data.
o
Penyajian
hasil analisis data kualitatif dapat dibuat dalam bentuk uraian singkat,
bagan alur, atau tabel sesuai dengan hakikat data yang dianalisis.
o
Penyajian
hasil analisis dapat dilakukan dengan membuat tabel distribusi atau grafik.
·
Langkah-langkah dalam penyusunan kesimpulan.
o
Penyusunan
kesimpulan seyogianya dilakukan melalui langkah-langkah: (1) memeriksa dan
memahami pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, (2) mencermati,
menganalisis, dan mensintesis deskripsi temuan, (3) menulis kesimpulan untuk
setiap pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, (4) mengurutkan setiap butir
kesimpulan sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, serta
(5) memeriksa kesesuaian antara pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan dengan
deskripsi temuan, dan kesimpulan.
|
25
25
25
25
|
0 – 10
0 – 10
0 – 10
0 – 10
|
|
Jumlah
|
100
|
40
|
Nilai Mahasiswa =
0 comments:
Post a Comment