Total Pageviews

Wednesday, 14 August 2013

Rancangan Pemberian Tugas Tutorial Ke-3



Rancangan Pemberian Tugas Tutorial Ke-3
Kode dan Nama Mata Kuliah         : IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan                                : Hakikat Penelitian Tindakan Kelas & Langkah-langkah PTK
Nama Pengembang                          : Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi                                : 2010.2
Rentang Skor                                   : 0 – 100

Kompetensi Khusus/TIK: Mahasiswa mampu:
·         menjelaskan pengertian PTK;
·         menjelaskan karakteristik PTK;
·         menjelaskan manfaat PTK;
·         menjelaskan keterbatasan/kelemahan PTK;
·         menjelaskan keunggulan PTK;
·         menjelaskan cara-cara mengidentifikasi masalah;
·         merinci langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan;
·         menjelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan PTK;
·         mendeskripsikan berbagai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data;
·         menjelaskan langkah-langkah dalam merencanakan tindak lanjut.

Uraian Tugas:

1.      Jelaskanlah pengertian PTK.
2.      Jelaskanlah karakteristik PTK.
3.      Jelaskanlah manfaat PTK bagi guru.
4.      Jelaskanlah keterbatasan/kelemahan PTK.
5.      Jelaskanlah keunggulan PTK.
6.      Jelaskanlah cara-cara mengidentifikasi masalah.
7.      Kemukakanlah langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan.
8.      Jelaskanlah langkah-langkah dalam melaksanakan PTK.
9.      Deskripsikanlah berbagai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data.
10.  Jelaskanlah langkah-langkah dalam merencanakan tindak lanjut.



Kriteria Penilaian Tugas Tutorial
Kode dan Nama Mata kuliah              :  IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan                                     :  Hakikat Penelitian Tindakan Kelas & Langkah-langkah PTK
Nama Pengembang                             :  Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi                                   :  2010.2
Rentang Skor                                      :  0 – 100

No
Aspek/Konsep yang dinilai
Bobot
Skor
1.







2.




















3.





























4.






5.














6.
















7.













8.



















9.














10



·         Pengertian PTK
o   Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.
·         Karakteristik PTK
o   An inquiry of practice from within (penelitian berawal dari kerisauan guru akan kinerjanya). Kepedulian guru terhadap kualitas pembelajaran yang dikelolanya merupakan awal dari munculnya masalah yang perlu dicari jawabannya.
o   Self-reflective inquiry (metode utama adalah refleksi diri, bersifat agak longgar, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian).
o   Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran berupa perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
o   Tujuannya: memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus-menerus, selama kegiatan penelitian dilakukan.
·         Manfaat PTK bagi guru
o   Membantu guru memperbaiki pembelajaran. Perbaikan ini akan menimbulkan rasa puas bagi guru karena ia sudah melakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dikelolanya.
o   Membantu guru berkembang secara professional karena dapat menunjukkan bahwa ia mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya.
o   Meningkatkan rasa percaya diri guru. Guru yang penuh percaya diri merupakan guru yang mampu melakukan analisis terhadap kinerjanya sendiri di dalam kelas sehingga menemukan kekuatan dan kelemahan dan kemudian mengembangkan alternatif untuk mengatasi kelemahannya.
o   Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Guru tidak hanya menerima hasil perbaikan yang ditemukan orang lain, namun ia sendiri adalah perancang dan pelaku perbaikan tersebut, yang menghasilkan berbagai teori dalam memperbaiki pembelajaran.
·         Keterbatasan/kelemahan PTK
o   Validitasnya yang sering masih dipertanyakan, serta tidak mungkin melakukan generalisasi karena sampelnya hanya kelas dari guru yang berperan sebagai pengajar dan peneliti.
·         Keunggulan PTK
o   Praktis dan langsung relevan untuk situasi yang aktual
o   Kerangka kerjanya teratur
o   Berdasarkan pada observasi yang nyata dan objektif
o   Fleksibel dan aditif
o   Dapat digunakan untuk inovasi pembelajaran
o   Dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum tingkat kelas
o   Dapat digunakan untuk meningkatkan kepekaan atau profesionalisme guru
·         Cara-cara mengidentifikasi masalah
o   Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelola. Pertanyaannya yaitu:
§  Apa yang sedang terjadi di kelas saya?
§  Masalah apa yang ditimbulkan oleh kejadian itu?
§  Apa pengaruh masalah tersebut bagi kelas saya?
§  Apa yang akan terjadi jika masalah tersebut saya biarkan?
§  Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?
·         Langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan
o   Dilakukan dengan mengkaji teori dan hasil penelitian yang relevan, berdiskusi dengan teman sejawat dan pakar, serta menggali pengalaman sendiri. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam langkah ini, dikembangkan cara perbaikan atau tindakan yang sesuai dengan kemampuan dan komitmen guru, kemampuan siswa, sarana dan fasilitas yang tersedia, serta iklim belajar dan iklim kerja di sekolah.
·         Langkah-langkah dalam melaksanakan PTK
o   Pelaksanaan tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan skenario tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan menganalisis data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
o   Dalam melaksanakan tindakan atau perbaikan, observasi dan interpretasi dilakukan secara simultan. Aktor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat. Agar pelaksanaan tindakan sesuai dengan kaidah PTK,
·         Berbagai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data.
o   Pengumpulan data dalam PTK dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti: observasi, catatan harian, rekaman, angket, wawancara, serta analisis dokumen hasil belajar siswa.
o   Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan mengelompokkan data, memaparkan atau mendeskripsikan data dalam bentuk narasi, tabel, dan/atau grafik, serta menyimpulkan dalam bentuk pernyataan.
·         Langkah-langkah dalam merencanakan tindak lanjut.
o   Berdasarkan hasil analisis dilakukan refleksi, yaitu renungan atau mengingat kembali apa yang sudah berhasil dikerjakan, mengapa berhasil. Berdasarkan hasil refleksi, guru melakukan perencanaan tindak lanjut, yang dapat berupa revisi dari rencana lama, atau baru sama sekali.


5







16





















16






























3






14














10

















6














10




















10















10
0 – 5







0 – 20





















0 – 20






























0 – 5






0 – 10














0 – 5 

















0 – 5














0 – 10




















0 – 10















0 – 10
Jumlah
100
100

Nilai Mahasiswa                =              


Rancangan Pemberian Tugas Tutorial Ke-5
Kode dan Nama Mata Kuliah             : IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan                                  : Merancang PTK & Melaksanakan Perbaikan dalam Pembelajaran.
Nama Pengembang                             : Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi                                   : 2010.2
Rentang Skor                                      : 0 – 100

Kompetensi Khusus/TIK: Mahasiswa mampu:
·         menentukan langkah-langkah untuk menemukan masalah;
·         menganalisis masalah yang ditemukan;
·         merumuskan masalah;
·         mengembangkan alternative tindakan;
·         menentukan cara pengumpulan data;
·         menyusun rencana perbaikan secara lengkap;
·         menyusun proposal PTK;
·         membedakan peran guru sebagai pengajar dan peneliti;
·         membangun kolaborasi dengan teman sejawat;
·         melaksanakan perbaikan per daur /siklus;
·         melakukan refleksi.
Uraian Tugas:

1.      Tentukanlah langkah-langkah untuk menemukan masalah.
2.      Bagaimanakah cara menganalisis masalah yang Anda temukan?
3.      Bagaimanakah cara merumuskan masalah?
4.      Bagaimanakah cara mengembangkan alternative tindakan?
5.      Jelaskanlah cara menentukan cara pengumpulan data.
6.      Bagaimanakah cara menyusun rencana perbaikan secara lengkap?
7.      Tuliskanlah sebuah susunan proposal PTK.
8.      Bedakanlah peran guru sebagai pengajar dan sebagai peneliti.
9.      Bagaimanakah cara membangun kolaborasi dengan teman sejawat?
10.  Terangkanlah cara melaksanakan perbaikan per daur/siklus.
11.  Terangkanlah cara melakukan refleksi.



Kriteria Penilaian Tugas Tutorial
Kode dan Nama Mata kuliah              :  IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan                                  :  Merancang PTK & Melaksanakan Perbaikan dalam Pembelajaran.
Nama Pengembang                             :  Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi                                   :  2010.2
Rentang Skor                                      :  0 – 100

No
Aspek/Konsep yang dinilai
Bobot
Skor
1.















2.















3.










4.














5.










6.









7.












8.







































9.





10.






















11.
·         Langkah-langkah untuk menemukan masalah.
o   Untuk menemukan masalah, perlu dilakukan identifikasi masalah.
o   Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti: melakukan refleksi untuk mendiagnosis pembelajaran yang kita kelola, melihat hasil belajar siswa, atau melakukan diskusi dengan teman sejawat, bahkan dengan kepala sekolah atau dosen LPTK.
o   Masalah yang sudah diidentifikasi perlu dianalisis agar akar penyebab masalah dapat kita temukan.
·         Cara menganalisis masalah yang ditemukan.
o   Merenungkan kembali masalah tersebut dengan melakukan introspeksi/refleksi melalui pertanyaan yang diajukan pada diri sendiri, mengapa masalah tersebut sampai terjadi
o   Bertanya kepada siswa baik melalui angket maupun wawancara langsung tentang persepsinya terhadap pembelajaran
o   Menelaah berbagai dokumen seperti pekerjaan rumah siswa, soal-soal ulangan, serta hasil ulangan/latihan siswa.
·         Cara merumuskan masalah
o   Berdasarkan akar penyebab masalah, kita dapat merumuskan masalah pembelajaran dalam bentuk masalah/pertanyaan penelitian, yang akan dicari jawabannya dalam PTK. Sehubungan dengan itu, rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat tanya, mengandung aspek yang akan diperbaiki dan upaya memperbaikinya.
·         Cara mengembangkan alternatif tindakan.
o   Kaji teori-teori yang relevan Keunggulan PTK.
o   Tetapkan teori mana yang kira-kira sesuai diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut.
o   Berdiskusi dengan pakar pembelajaran/pakar bidang studi untuk menemukan cara perbaikan atau memvalidasi teori yang sudah ditetapkan.
o   Kita dapat mengingat pengalaman kita sendiri dalam mengatasi masalah yang serupa.
·         Cara menentukan cara pengumpulan dara.
o   Prosedur dan alat pengumpul data ditentukan berdasarkan masalah dan tujuan perbaikan.
o   Prosedur dan alat pengumpul data dapat berupa observasi dengan menggunakan lembar observasi, wawancara berdasarkan panduan wawancara, catatan guru, dan refleksi.
·         Cara menyusun rencana perbaikan secara lengkap.
o   Membuat skenario pembelajaran.
o   Menyiapkan sarana dan fasilitas pembelajaran.
o   Mensimulasikan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan RPP untuk melihat kelayakannya.
o   Menyempurnakan RPP berdasarkan hasil simulasi
·         Susunan proposal PTK
o   Judul
o   Bidang Kajian
o   Pendahuluan, yang memuat latar belakang munculnya masalah serta akar penyebab masalah.
o   Perumusan dan pemecahan masalah, yang terdiri dari: (1) perumusan masalah, (2) pemecahan masalah, (3) tujuan penelitian, dan (4) manfaat penelitian.
o   Kajian Pustaka.
o   Rencana dan Prosedur Penelitian.
·         Peran guru sebagai pengajar dan sebagai peneliti.
o   Sebagai pelaksana PTK, guru mempunyai peran & tugas yang lebih besar dibandingkan guru yang mengajar tanpa melaksanakan PTK.
o   Pada tahap perencanaan guru pelaksana PTK harus membuat persiapan yang lebih rinci, menetapkan tujuan perbaikan, mencantumkan pertanyaan yang akan diajukan, mendeskripsikan dengan cermat setiap langkah kegiatan, serta melakukan kesepakatan dengan teman sejawat yang akan membantu mengamatinya.
o   Pada tahap pelaksanaan, di samping mengajar sebagai biasa, guru pelaksana PTK juga harus mengumpulkan data yang terkait dengan tindakan perbaikan yang sedang dilaksanakan.
o   Setelah pelajaran usai, guru pelaksana PTK harus segera menghimpun data dan melakukan refleksi, melengkapi data yang masih kurang melalui dialog dengan siswa dan teman sejawat yang membantu, serta melakukan analisis data sampai ditemukan kesimpulan hasil tindakan perbaikan yang akan dijadikan masukan untuk perencanaan berikutnya.
o   Guru pelaksana PTK sangat perlu membangun kolaborasi dengan teman sejawat, baik di sekolah sendiri maupun dari sekolah lain, serta dengan pakar bidang studi dan dosen LPTK.
·         Cara melakukan kolaborasi dengan teman sejawat.
o   Kolaborasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pertemuan KKG, PKG, pendekatan pribadi, dan melalui media.
·         Perbaikan per daur/siklus
o   Pelaksanaan tindakan perbaikan harus diawali dengan persiapan akhir, yang meliputi pemeriksaan/pengecekan berbagai kegiatan/ aspek berikut.
§  Komponen Rencana Perbaikan secara keseluruhan.
§  Kelogisan/kualitas pertanyaan yang akan diajukan.
§  Ketersediaan alat-alat pelajaran yang diperlukan.
§  Mencobakan alat-alat pelajaran yang akan digunakan.
§  Urutan kegiatan pada setiap tahap.
§  Kesiapan lembar observasi yang akan digunakan.
§  Kesiapan teman sejawat untuk membantu sebagai pengamat jika memang diperlukan.
o   Pelaksanaan tindakan perbaikan berlangsung di kelas guru sendiri sesuai dengan rencana perbaikan yang telah disiapkan
·         Cara melakukan refleksi
o   Refleksi dilakukan setelah data pembelajaran diolah, atau setelah guru mempunyai gambaran tentang keberhasilan/kegagalan atau kekuatan/ kelemahan tindakan perbaikan yang dilakukan.
10
















10















5











10














5










10










10













15









































5





10






















10
0 – 10
















0 – 10















0 – 5











0 – 10














0 – 5










0 – 10










0 – 10













0 – 15









































0 – 5





0 – 10






















0 – 10





Jumlah
100
100
Nilai Mahasiswa                =              
Rancangan Pemberian Tugas Tutorial Ke-7
Kode dan Nama Mata Kuliah             : IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan                                  : Menganalis dan menginterpretasikan data serta menindaklanjuti hasil PTK.
Nama Pengembang                             : Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi                                   : 2010.2
Rentang Skor                                      : 0 – 100

Kompetensi Khusus/TIK: Mahasiswa mampu:
·         Menganalisis data PTK;
·         Menyajikan hasil analisis data;
·         Menginterpretasikan hasil analisis;
·         Menyimpulkan hasil PTK;
·         Menindaklanjuti hasil PTK;
Uraian Tugas:

1.      Tuliskan pengertian analisis data dan pengertian interpretasi data.
2.      Bagaimanakah cara menganalisis data.
3.      Bagaimanakah cara menyajikan hasil analisis data.
4.      Tuliskanlah langkah-langkah dalam penyusunan kesimpulan.



Kriteria Penilaian Tugas Tutorial
Kode dan Nama Mata Kuliah             :  IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan                                  :  Merancang PTK & Melaksanakan Perbaikan dalam Pembelajaran.
Nama Pengembang                             :  Ahmad Juanda, S.Pd.,M.Pd.
Masa Registrasi                                   :  2010.2
Rentang Skor                                      :  0 – 100

No
Aspek/Konsep yang dinilai
Bobot
Skor
1.














2.











3.









4.





·         Pengertian analisis data dan interpretasi data.
o   Analisis data adalah upaya yang dilakukan oleh guru yang berperan sebagai peneliti untuk merangkum secara akurat data yang telah dikumpulkan dalam bentuk yang dapat dipercaya dan benar.
o   Interpretasi data adalah upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Interpretasi ini pada gilirannya akan menjadi temuan penelitian.

·         Cara menganalisis data.
o   Analisis data dilakukan dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan, data yang ada, merangkumnya, kemudian menyajikan dalam bentuk yang mudah dibaca atau dipahami.
o   Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menemukan persentase, dan nilai rata-rata.

·         Cara menyajikan hasil analisis data.
o   Penyajian hasil analisis data kualitatif dapat dibuat dalam bentuk uraian singkat, bagan alur, atau tabel sesuai dengan hakikat data yang dianalisis.
o   Penyajian hasil analisis dapat dilakukan dengan membuat tabel distribusi atau grafik.

·         Langkah-langkah dalam penyusunan kesimpulan.
o   Penyusunan kesimpulan seyogianya dilakukan melalui langkah-langkah: (1) memeriksa dan memahami pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, (2) mencermati, menganalisis, dan mensintesis deskripsi temuan, (3) menulis kesimpulan untuk setiap pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, (4) mengurutkan setiap butir kesimpulan sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, serta (5) memeriksa kesesuaian antara pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan dengan deskripsi temuan, dan kesimpulan.

25














25











25









25
0 – 10














0 – 10












0 – 10









0 – 10



Jumlah
100
40

Nilai Mahasiswa                =              

0 comments:

Post a Comment