Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran :B. Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan populer.
2.
Mengungkapkan
makna dalam monolog yang berbentuk narrative,spoof
dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
Indikator
1. Merespon
wacana monolog: narrative
2. Melakukan
monolog berbentuk : narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: narrative
·
Siswa dapat melakukan melakukan monolog berbentuk : narrative
- Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk: narrative contohnya:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa
mencocokkan gambar dengan judul cerita rakyat.
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Siswa mendengarkan teks lisan narrative sambil mencocokkan gambar dengan cerita
narrative yang di dengar melalui tape secara klasikal.
§ Siswa mendengar retelling story
berbentuk dialog dan memperhatikan intonasi yang digunakan.
§
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks monolog narrative yang didengar.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
Tanya-jawab mengenai pendapat
siswa tentang teks monolog yang didengar
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
·
Script dari Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment (responding)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan,
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester :
XI/2
Pertemuan ke :
2
Alokasi Waktu :
1 x 45 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami
makna dalam percakapan
transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan
transaksional resmi dan percakapan
berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam
bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: love).
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara
akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan
( expressing: love).
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan
perasaan
(expressing: love).
2. Melakukan berbagai tindak tutur dalam
wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing:love).
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: love).
- Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: love).
- Materi Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan
yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
·
Menyatakan
perasaan (expressing: love)
mis. A: Oh, my deaest Antony.
How could you marry such a woman like Octavia. You said you loved me. Oh, how
dare you!How deep is your love for me?
B:My sweetest queen,there’s a beggary in the love that can be reckoned
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Tanya-jawab mengenai ungkapan cinta yang ada di film.
·
Kegiatan
Inti (70’)
§
Siswa mendengarkan percakapan
interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: love) melalui tape
secara klasikal.
§ Siswa mendiskusikan dialog dan fungsi
ungkapan yang didengar melalui tape.
§ Siswa membaca ungkapan-ungkapan lainnya
yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing:
love).
§
Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan lain menyatakan
perasaan (expressing:
love).
§
Siswa mendengarkan ungkapan cinta dan mencocokkan
dengan orang yang menyatakannya
§
Siswa membuat definisi tentang cinta.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa mendapat feedback dari guru.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment (responding)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
2.
Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam
bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing:
sorrow& attention) )
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara
akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan
(expressing: sorrow& attention) )
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan
perasaan (expressing: sorrow& attention)
)
2. Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan
perasaan (expressing: sorrow& attention)
)
1.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan peringatan.
·
Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan peringatan.
2. Materi
Pokok
Pernyataan yang memuat ungkapan –ungkapan berikut
Menyatakan perasaan (expressing: sorrow& attention))
mis. My heart is so burdened I’m so sad to hear that
3.
Metode
Pembelajaran/Teknik: Three-phase
technique
4.
Langkah-langkah
Kegiatan
- Kegiatan Awal (5’)
§
Tanya jawab dengan siswa mengenai apakah mereka
pernah mendengar cerita teman dan mersa sedih. Ungkapan apa yang digunakan
untuk menyatakan sedih dan menaruh perhatian besar akan ceritanya.
·
Kegiatan
Inti (35’)
§ Siswa membaca bagian drama Shakespear dan
mengubahnya menjadi kalimat sederhana
§ Siswa mendengarkan ungkapan-ungkapan lain
untuk menyatakan perasaan (expressing: sorrow & attention) melalui tape secara klasikal
§ Siswa mendiskusikan ekspresi/ungkapan
untuk menyatakan perasaan (expressing: sorrow & attention )yang didengar melalui tape.
§
Siswa melengkapi dialog dengan ungkapan untuk
menyatakan
perasaan (expressing: sorrow & attention )
§
Siswa memberikan respon terhadap cerita yang
dibacakan oleh temannya.
·
Kegiatan
Akhir (5’)
§
Siswa mendapat feedback dari gurunya
5.
Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
6.
Penilaian
·
Teknik: Performance
Assesment (Responding,
·
Bentuk: Pertanyaan Lisan, tugas berpasangan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran :B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Merespon makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
|
Indikator
- Merespon wacana monolog: narrative
§ Melakukan
monolog berbentuk : narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: narrative
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk narrative
- Materi Pokok
Teks monolog narrative contohnya berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Tanya-jawab
mengenai bentuk tenses apa yang biasa digunakan dalam teks monolog narrative
·
Kegiatan
Inti (75’)
§ Siswa membaca penjelasaan bentuk tense yang
digunakan dalam teks monolog narrative
§
Siswa Siswa membaca ungkapan-ungkapan yang
digunakan untuk bercerita
§
Siswa menentukan perubahan bentuk kata kerja
yang ssuai untuk teks monolog narrative
§ Siswa mendengarkan teks monolog narrative.dengan bantuan
audio
§
Siswa
mengidentifikasi informasi tentang teks lisan narrative: Joko
Tole
§
Siswa mendiskusikan isi jawaban mereka
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa membaca kesimpulan mengenai
karakteristik teks monolog narrative
§ Siswa mendapat tugas untuk melakukan drama
berkelompok dengan menggunakan scenario yang tertera di buku teks.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Script dari Look Ahead 2
6. Penilaian
§
Teknik: Performance
Assesment
§
Bentuk: pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1.
Merespon makna dalam teks monolog sederhana
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk:narrative
2.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat,
lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
|
Indikator
·
Merespon wacana monolog: narrative
§ Melakukan
monolog berbentuk: narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: narrative
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk narrative
- Materi Pokok
Teks monolog narrative contohnya berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Siswa mempersiapkan drama
·
Kegiatan
Inti (75’)
§ Siswa
berkelompok melakukan drama secara bergantian.
§ Siswa lain memperhatikan dan mendengar
drama yang dilakukan temannya.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa mendapat feedback dari guru mengenai
performa mereka
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
§
Teknik: Performance
Assesment
§
Bentuk: drama
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
6
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk narrativ,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Merespon makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
|
Indikator
§ Merespon
wacana monolog: narrative
§ Melakukan
monolog berbentuk : narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: narrative
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk
narrative(mendongeng)
- Materi Pokok
Teks monolog narrative, contohnya
berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa menyiapkan hal yang diperlukan untuk mendongeng
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Tiap siswa secara bergantian mendongeng didepan
kelas
§ Siswa lain mendengarkan presentasi dongeng
yang dilakukan.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa mendapat feedback dari guru
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Alat Bantu (gambar, poster)
·
Boneka tangan
- Penilaian
- Teknik: Performance Assesment , Checklist
- Bentuk: mendongeng
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative,spoof dan
hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
·
Memahami cerita Valentine’s Day Is Not Part
Of Our Culture
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
memahami Valentine’s Day
|
- Materi Pokok
Wacana
teks berjudul Valentine’s Day Is Not Part Of Our Culture
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Tanya jawab mengenai Valentine’s day
·
Kegiatan
Inti (35’)
§
Siswa membaca Valentine’s Day Is Not Part Of
Our Culture
§
Siswa mendiskusikan teks Valentine’s Day Is
Not Part Of Our Culture
§
Menjawab
pertanyaan menegenai Valentine’s Day Is Not Part Of Our Culture
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa memberi pendapat tentang Valentine’s
day di Indonesia
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: responding
·
Bentuk: pertanyaan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
8
Alokasi Waktu :
3 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrativ,spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
|
·
Mengidentifilasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: narrative
- Tujuan Pembelajaran
|
·
Siswa dapat mengidentifilasi langkah-langkah
retorika dalam wacana: narrative
- Materi Pokok
Teks tertulis berbentuk narrative,contoh,
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Tanya jawab mengenai gambar yang tertera di buku
·
Kegiatan
Inti (70’)
§
Siswa membaca teks tulis narrative: The lion and the Mouse
§
Sisa menjawab pertanyaan tentang teks narrative
tersebut dan membahasnya.
§ Siswa
teks narrative berikutnya: The Stronger Man dan menjawab pertanyaannya
§ Siswa berpasangan menjodohkan fable
dengan pesan moralnya.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa memberikan pendapat mengenai cerita narrative
yang dibacanya
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: pertanyaan lisan dan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
9
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrativ,spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan teks narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks narrativee
- Materi Pokok
Teks tulis berbentuk narrative, contoh:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview penggunaan past
tenses untuk teks berbentuk narrative
·
Kegiatan
Inti (30’)
§
Siswa membaca bagian-bagian dari teks narrative
tentang Simple Past Tense
§
Siswa mnegidentifikasi bentuk positif, negative
dan pertanyaan berbentuk past tense dari teks berbetuk narrative.
§
Siswa membaca penjelasan tentang past tenses
§
Siswa menentukan bentuk kata kerja yang tepat
yaitu past perfect atau simple past
§
Siswa menentukan bentuk kata kerja yang tepat
yaitu past continuous atau simple past
§
Siswa menentukan bentuk kata kerja yang tepat
yaitu future in the past atau simple past
§
Siswa membaca penjelasan mengenai action
verbs
§
Siswa menggaris bawahi action verbs pada
teks narrative
§
Siswa membaca penjelasan mengenai thinking
verbs dan feeling verbs
§
Siswa menentukan thinking verbs, feeling
verbs atau saying verbs dari suatu kalimat
§
Siswa
membaca penjelasan tentang Noun dan Noun Phrases
§ Siswa mengembangkan noun menjadi
noun phrases
.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa mengulas penjelasan tentang.
past tenses, action verbs, thinking verbs, feeling verb,saying verbs Noun dan
Noun Phrases.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: latihan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan
ke : 10
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrativ,spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan teks narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks narrativee
- Materi Pokok
Teks tulis berbentuk narrative, contoh:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview penggunaan adverbs
untuk teks narrative
·
Kegiatan
Inti (30’)
§
Siswa membaca penjelasan tentang adverbs
§
Siswa mengembangkan kalimat dengan adverbs of
manne, place and time.
§
Siswa membaca penjelasan tentang time
connectives.
§
Siswa menentukan time connectives yang
tepat untuk melengkapi teks narrative.
§
Siswa membaca penjelasan tentang conjunction.
§ Siswa melanjutkan kalimat dengan
menggunakan conjunctions.
§
Siswa membaca penjelasan mengenai punctuation
§
Siswa menentukan tanda baca (punctuation)
yang tepat pada teks narrative.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Sis.wa mengulas penjelasan
tentang. Adverbs, time connectives, conjunction,dan punctuation.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: latihan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
: B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan
ke : 11
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrativ,spoof dan
hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
|
·
Mengidentifilasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: narrative
1. Tujuan Pembelajaran
|
·
Siswa dapat mengidentifilasi langkah-langkah
retorika dalam wacana: narrative
- Materi Pokok
Teks monolog/esei berbentuk narrative;
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Tanya-jawab dengan siswa tentang fable
·
Kegiatan
Inti (70’)
§ Siswa membaca cerita komik dan
mengidentifikasi pesan moralnya
§
Siswa membaca teks narrative and memperhatikan
organisasi teksnya.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa menyimpulkan bentuk organisasi teks narrative
5. Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: pertanyaan lisan dan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/2
Pertemuan ke :
12
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
makna teks monolog/esei berbentuk report, narrative dan analytical
exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan
2.
Mengungkapkan
makna dalam teks monolog/esei tulis
berbentuk report, narrative, dan analytical exposition secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
1.
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
2.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
Indikator
·
Mengidentifikasi makna dalam teks narrative
|
·
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: narrative
·
Menulis
teks berbentuk monolog/esei berbentuk
narrative
- Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna dalam teks narrative
|
§ Siswa
dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana: narrative
·
Siswa
dapat menulis teks berbentuk monolog/esei berbentuk narrative
- Materi Pokok
Teks tulis berbentuk narrative, contoh:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview tentang ciri-ciri
teks tulis narrative
·
Kegiatan
Inti (35’)
§
Siswa membaca teks narrative: The Mouse and
The Crocodile
§ Siswa menjawab pertanyaan tentang teks
tersebut yang mengarahkan pemahaman teks organisasi.
§ Siswa berpasangan menyusun paragrap
yang tidak beraturan
·
Kegiatan
Akhir (5’)
§
Siswa ditugaskan untuk membuat draft sebuah fable
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: hasil tulisan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan
ke : 13
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami makna teks monolog/esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei tulis berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
Indikator
§ Mengidentifikasi makna dalam teks narrative
|
§ Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dalam wacana: narrative
·
Menulis
teks berbentuk monolog/esei berbentuk narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna
dalam teks narrative
|
·
Siswa
dapat menulis teks berbentuk monolog/esei berbentuk narrative
·
Siswa
dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana: narrative
- Materi Pokok
Teks tertulis berbentuk narrative, contoh;
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa mereview berbagai aspek teks narrative
(tujuan, organisasi, dan ciri-ciri kebahasaan)
·
Kegiatan
Inti (70’)
§
Siswa memperlihatkan dfrat pertamanya kepada teman
§
Siswa melakukan peer correction
§ Siswa
saling mengevaluasi tulisan masing-masing
§
Siswa bertanya pada guru
§ Siswa mendapat feedback dari guru dan
menulis ulang
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa mengumpulkan tulisannya
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment, Checklist
·
Bentuk: tulisan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
: B. Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan
ke : 14
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
makna dalam percakapan
transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.
Mengungkapkan
makna dalam monolog yang berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: spoof
2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan yang berbentuk: spoof
Indikator
1. Merespon
wacana monolog: spoof
2. Melakukan
monolog berbentuk : spoof
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: spoof
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk : spoof
- Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk spoof, contohnya;
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa menanggapi gambar pada buku teks dan
menjawab pertanyaan
·
Kegiatan
Inti (70’)
§ Siswa mendengarkan teks monolog lisan spoof sambil melengkapi teks tersebut.
§ Siswa merespon isi teks monolog lisan spoof dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan
beberapa kosakata.
§ Siswa menanggapi gambar pada buku teks tentang
teks monolog lisan spoof dan menjawab pertanyaan
§ Siswa menanggapi kartun pada buku teks
tentang teks monolog lisan spoof dan menjawab
pertanyaan
·
Kegiatan
Akhir (10’)
Siswa
mendapat feedback dari guru
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment (responding)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 15
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
2.
Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam
bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: embarrassment & anger )
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara
akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan
malu& marah (expressing: embarrassment & anger)
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan
peringatan.
2. Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan
perasaan malu& marah (expressing: embarrassment & anger)
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: love)
·
Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional:
menyatakan
perasaan malu & marah (expressing: embarrassment & anger )
- Materi Pokok
Pernyataan yang memuat ungkapan –ungkapan berikut,contoh,
·
Menyatakan
perasaan malu (embarrassment)
mis. It really makes me ashamed
I was very embarrassed
·
Menyatakan perasaan marah (anger)
mis. Oh,hell!!
You burn me up!
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (15’)
§
Tanya jawab dengan siswa mengenai pengalaman
mereka yang memalukan dan apa yang mereka rasakan setelah itu malu atau marah
·
Kegiatan
Inti (35’)
§
Siswa mendengarkan ungkapan menyatakan menyatakan
perasaan malu & marah (expressing: embarrassment
& anger ) melalui tape secara klasikal
§ Siswa mendiskusikan ungkapan untuk
menyatakan perasaan malu & marah (expressing:
embarrassment & anger )yang didengar melalui tape.
§ Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan untuk
menyatakan perasaan malu & marah (expressing:
embarrassment & anger )
§ Siswa menggunakan ungkapan untuk menyatakan
perasaan
malu & marah (expressing: embarrassment
& anger )yang sesuai
untuk suatu pernyataan/situasi yang diberikan
§
Siswa mendengarkan beberapa kalimat dan
menentukan apakah intonasinya naik atau turun.
§
Siswa membuat dialog berpasangan yang
menggunakan ungkapan untuk menyatakan perasaan malu & marah (expressing: embarrassment & anger )
§
Siswa mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan untuk menyatakan perasaan malu atau marah (expressing: embarrassment & anger )di depan kelas, yang dipilh
secara acak oleh guru
·
Kegiatan
Akhir (5’)
§
Siswa memberi feedback atas performa mereka
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assesment (Responding)
·
Bentuk: Pertanyaan Lisan, tugas kelompok
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran :B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 15
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof
dan hortatory exposition secara akurat, lancar,
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
2.
Mengungkapkan
makna dalam monolog yang berbentuk narrative,spoof
dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam teks berbentuk: reports
2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan yang berbentuk:
narrative, spoof dan hortatory exposition
Indikator
§ Merespon
wacana monolog: spoof
§ Melakukan
monolog berbentuk : spoof
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: spoof
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk spoof
- Materi Pokok
Teks monolog lisan berbentuk spoof contohnya
berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Siswa membaca penjelasan tentang
teks monolog lisan spoof
·
Kegiatan
Inti (75’)
§ Siswa
mendengarkan teks monolog lisan berbentuk. spoof dengan bantuan audio
§ Siswa
melengkapi teks monolog lisan spoof dengan informasi yang didengarnya
§ Siswa
memperhatikan organisasi teks monolog lisan berbentuk. spoof
§ Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks
monolog lisan yang didengar
§
Siswa mendiskusikan isi jawaban mereka
§ Siswa membaca kartun berbentuk spoof dan menjawan pertanyaannya.
§
Siswa bekelompok membaca teks teks monolog lisan berbentuk. Spoof
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa membuat kesimpulan mengenai
karakteristik teks monolog lisan berbentuk spoof
§ Siswa mendapat tugas kelompok untuk
mencari artikel majalah/Koran berbentuk spoof
dan menceritakannya
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Script dari Look Ahead 2
6. Penilaian
§
Teknik: Performance
Assesment
§
Bentuk: Cloze
passages (listening) pertanyaan lisan, membaca teks monolog (speaking)
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 16
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Kemampuan memahami dalam teks monolog lisan berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Kemampuan mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Merespon makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: spoof
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: spoof
Indikator
§ Merespon
wacana monolog berbentuk spoof
§ Melakukan
monolog berbentuk spoof
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog berbentuk spoof
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk spoof
- Materi Pokok
Teks monolog lisan berbentuk spoof, contohnya berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview karakteristik teks monolog lisan spoof
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Siswa melakukan tugas kelompok mencari artikel
majalah/koran berbentuk spoof dan
menceritakannya dengan gambar.
§ Siswa lain mendengarkan ceritanya
§ Tiap kelompok memberi komentar cerita yang
dilakukan
§ Siswa mendiskusikan kekurangan presentasi
mereka masing-masing.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa mendapat feedback dari guru
§ Siswa mendapat pengarahan hal yang
diperlukan untuk menceritakan teks berbentuk spoof
§ Siswa mendapat tugas untuk menceritakan
teks berbentuk spoof secara individu dengan menambahkan alat bantu (mis.
gambar)
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
- Penilaian
- Teknik: Performance Assesment,Tugas
- Bentuk: Menceritakan spoof, Tugas presentasi kelompok
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/2
Pertemuan ke :
17
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof
dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
2.
Mengungkapkan
makna dalam monolog yang berbentuk narrative,spoof
dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses
ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam teks berbentuk: spoof
2.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat,
lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk:
Indikator
§ Merespon
wacana monolog berbentuk spoof
§
Melakukan
monolog berbentuk spoof (mendongeng)
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat merespon wacana teks monolog lisan berbentuk spoof
·
Siswa dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk spoof
Materi Pokok
Teks monolog lisan berbentuk spoof
, contohnya berikut:
|
Metode
Pembelajaran/Teknik: Three-phase
technique
Langkah-langkah
Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa membaca ungkapan untuk menceritakan cerita
lucu
§
Siswa menyiapkan hal yang diperlukan untuk
menceritakan cerita lucu
·
Kegiatan
Inti (75’)
§ Tiap siswa secara bergantian
menceritakan cerita lucu
§ Siswa lain mendengarkan temannya
yang melakukan cerita lucu
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa mendapat feedback dari guru
Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
OHP/LCD
·
Alat Bantu (gambar, poster)
Penilaian
·
Teknik: Performance
Assesment , Checklist
·
Bentuk: Mendongeng spoof
·
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/2
Pertemuan ke :
18
Alokasi Waktu :
1 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei
Kompetensi Dasar
|
Memahami body language sebagai
salah satu alat untuk berkomunikasi
Indikator
Merespon wacana yang berkaitan dengan
sosiokultural.
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat merespon wacana yang berkaitan dengan sosiokultural
- Materi Pokok
Wacana mengenai Body language
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Tanya jawab mengenai arti
beberapa gerak tubuh (body language)
·
Kegiatan
Inti (30’)
§
Siswa membaca teks tentang Body language dan menjawab pertanyaannya
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa menyimpulkan perbedaan antara gerak tubuh (body language) di Indonesia
dengan di Amerika
§
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
- Teknik: Nontes
- Bentuk: pertanyaan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan
ke : 19
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk: spoof
Indikator
·
Mengidentifikasi
makna dalam teks berbentuk spoof
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dalam wacana:
spoof
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi makna dalam teks
report spoof
|
·
Siswa
dapat mengidentifilasi langkah-langkah retorika dalam wacana: spoof
- Materi Pokok
Teks tulis berbentu spoof
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Memberi tanggapan terhadap
gambar yang tersedia
·
Kegiatan
Inti (70’)
§
Siswa membaca teks spoof dan menjawab pertanyaannya
§
Siswa membaca teks spoof berikutnya dan menjawab pertanyaannya
§ Siswa melengkapi teks spoof dengan kata yang disediakan
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa mngemukakan pendapat mengenai teks spoof yang sudah dibaca
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
- Teknik: Tugas
- Bentuk: latihan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/2
Pertemuan ke :
20
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: spoof
Indikator
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan teks spoof
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks spoof
- Materi Pokok
Teks tulis berbentuk spoof, contohnya,
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview penjelasan
mengenai Simple Past
·
Kegiatan
Inti (70’)
§
Siswa membuat kalimat menggunakan Simple Past berdasarkan gambar yang
disediakan.
§
Siswa menentukan penggunaan was/wasn’t/were/weren’t pada kalimat
§
Siswa mengubah bentuk kata kerja yang sesuai
dengan Simple Past Tense pada teks spoof
§
Siswa mengerjakan puzzle dengan melengkapi
kalimat irregular verbs
§
Siswa membuat kalimat menggunakan Past Continuous Tense berdasarkan gambar
yang disediakan
§
Siswa membaca penjelasan tentang Past Continuous tense
§
Siswa menentukan penggunaan kata kerja dalam bentuk
Simple Past Tense atau Past Continuos
Tense pada teks spoof
§ Siswa membuat kalimat sednri dengan
menggunakan conjuctions dan relative clauses
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa mengulas penjelasan tentang Simple Past dan Past Continuous tense
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: latihan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 21
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: spoof
Indikator
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan teks spoof
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks spoof
- Materi Pokok
Teks tulis berbentuk spoof, contohnya,
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview penjelasan
mengenai pronoun
·
Kegiatan
Inti (70’)
§ Siswa menentukan penggunaan pronoun yang
tepat pada teks spoof
§
Siswa membaca penjelasan tentang saying verbs
§
Siswa menentukan pemakaian saying verbs yang
tepat pada suatu kalimat
§
Siswa menjodohkan kalimat yang tepat dengan
menggunakan while dan when
§
Siswa berkelompok memprediksi kejadian apa yang
terjadi sebelum situasi yang disediakan
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa mengulas penjelasan tentang pronoun, saying verbs dan Past tenses
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: latihan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/2
Pertemuan ke :
22
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei tulis berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
- Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
1.
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: spoof
2.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: spoof
Indikator
·
Mengidentifikasi makna dalam teks spoof
|
·
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: spoof
·
Menulis
teks berbentuk monolog/esei berbentuk spoof
- Tujuan Pembelajaran
§
Siswa dapat mengidentifikasi makna dalam teks spoof
|
§
Siswa
dapat mengidentifilasi langkah-langkah retorika dalam wacana: spoof
§
Siswa menulis teks berbentuk monolog/esei
berbentuk spoof
- Materi Pokok
Teks tulis berbentuk spoof, contoh:
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mendiskusikan pertanyaan mengenai organisasi teks
·
Kegiatan
Inti (30’)
§
Siswa membaca teks spoof dan mengidentifikasi
pembagian teks organisasi dan cirri-ciri kebahasaan yang digunakan.
§
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks spoof tersebut.
§ Siswa berkelompok menulis bagian orientation dan twist untuk teks spoof
§
Siswa saling bertukar tulisan antar kelompok
§ Tiap kelompok memberikan evaluasi terhadap
tulisan kelompok lain.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa menyimpulkan yang perlu diperhatikan
dalam menulis teks spoof
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: hasil tulisan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 23
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei tulis berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dalam teks
monolog/esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima dalam teks berbentuk: spoof
Indikator
·
Menulis
teks berbentuk monolog/esei berbentuk spoof
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menulis teks berbentuk monolog/esei berbentuk spoof
- Materi Pokok
Teks tertulis berbentuk spoof ,contohnya,
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa mereview berbagai aspek teks spoof (tujuan, organisasi, dan
ciri-ciri kebahasaan)
§
Siswa
menggunakan checklist untuk membantu menulis teks spoof
·
Kegiatan
Inti (70’)
§ Siswa
menulis teks spoof
§ Siswa memperlihatkan dfrat pertamanya
kepada guru
§ Siswa mendpat feedback dari guru dan
menulis ulang
§ Siswa
saling mengevaluasi tulisan masing-masing
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa mengumpulkan tulisan teks berbentuk spoof
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Performans
Assessment, Checklist
·
Bentuk: tulisan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 24
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,
spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
2.
Mengungkapkan
makna dalam monolog yang berbentuk narrative,
spoof dan hortatory exposition secara
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: hortatory exposition
2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan yang berbentuk: hortatory exposition
Indikator
1. Merespon
wacana monolog: hortatory
exposition
2. Melakukan
monolog berbentuk : hortatory
exposition
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: hortatory exposition
·
Siswa dapat melakukan melakukan monolog
berbentuk : hortatory exposition
- Materi Pokok
Wacana
monolog berbentuk hortatory
exposition, contohnya:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa membaca teks tentang sampah dan
menjawab pertanyaan secara lisan
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Siswa mendengarkan teks monolog lisan hortatory exposition
§ Siswa merespon isi teks dengan menjawab
pertanyaannya
§ Siswa berdiskusi secara kelompok mengenai
masalah sampah yang disebabkan oleh kebiasaan manusia.
§ Siswa diminta menggunakan ungkapan untuk
menyatakan sikap yang tertera di buku.
§ Siswa tiap kelompok memberikan respon
terhadap pendapat dari kelompok lain.
·
Kegiatan
Akhir (5’)
§
Siswa
mendapat tugas untuk mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk
menyatakan sikap.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
·
Script dari Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment (responding &discussion)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
25
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
2.
Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam
bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap ( expressing:attitude).
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara
akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap ( expressing:attitude).
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan sikap
( expressing:attitude).
2. Melakukan berbagai tindak tutur dalam
wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan sikap (expressing: attitude).
- Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat merespon dengan benar terhadap
tindak tutur: menyatakan sikap ( expressing:attitude).
·
Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan sikap ( expressing:attitude).
- Materi Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan
yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
·
Menyatakan perasaan
attitude
|
mis. What I
mean is…Now, let me think…
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa membahas tugas sebelumnya untuk
mengidentifikasi ungkapan menyatakan sikap ( expressing:attitude).
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Siswa mendengarkan percakapan
interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk menyatakan
sikap ( expressing:attitude).
melalui tape secara klasikal.
§
Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan
sikap
§
( expressing:attitude).
§
Siswa memberikan
pendapat tentang suatu isu dengan menggunakan ungkapan untuk menyatakan sikap
§
( expressing:attitude).
§
Siswa memberikan solusi terhadap suatu isu
dengan menggunakan
ungkapan untuk menyatakan sikap
§
( expressing:attitude).
·
Kegiatan
Akhir (10’)
Siswa mendapat feedback dari
guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk untuk menyatakan sikap
( expressing:attitude).
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment (responding & dialog)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
26
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
2.
Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam
bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan kekesalan ( expressing:annoyance).
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara
akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan kekesalan
( expressing:annoyance).
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan
kekesalan
(expressing:annoyancee).
2. Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan
kekesalan
(expressing:annoyance).
1.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat merespon dengan benar terhadap
tindak tutur: menyatakan kekesalan (expressing:annoyance).
§ Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam
wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan kekesalan (expressing:annoyance).
2. Materi
Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan
yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
·
Menyatakan perasaan annoyance
·
|
mis. I can’t
take it anymore I need a break
3. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
4.
Langkah-langkah
Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Tanya-jawab mengenai ongkos angkutan umum yang
makin naik
·
Kegiatan
Inti (75’)
§ Siswa
mendengarkan ungkapan menyatakan kekesalan
( expressing:annoyance) untuk melalui tape
secara klasikal.
§ Siswa melafalkan
ungkapan-ungkapan untuk menyatakan kekesalan ( expressing:annoyance).
§ Siswa mendengarkan
percakapan transaksional/interpersonal yang berisikan ungkapan untuk menyatakan
kekesalan
( expressing:annoyance).
§
Siswa melengkapi percakapan tersebut dengan
informasi yang didengar
§
Siswa membaca dialog tersebut dan menjawab
pertanyaan.
§
Siswa berpasangan mempraktekkan percakapan
transaksional/interpersonal yang berisikan ungkapan untuk menyatakan kekesalan
(expressing: annoyance).
·
Kegiatan
Akhir (10’)
Siswa mendapat feedback dari guru
dan mereview ungkapan yang digunakan untuk untuk menyatakan kekesalan (expressing: annoyance).
5.
Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
6.
Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment (responding & dialog)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 27
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof
dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
2.
Mengungkapkan
makna dalam monolog yang berbentuk report,
narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam teks berbentuk: Hortatory
exposition
2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan yang berbentuk: Hortatory exposition.
Indikator
§ Merespon
wacana monolog: Hortatory
exposition.
§ Melakukan
monolog berbentuk : Hortatory
exposition.
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: Hortatory exposition.
·
Siswa
dapat melakukan monolog berbentuk hortatory exposition.
- Materi Pokok
Teks monolog lisan berbentuk hortatory exposition,
contohnya berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Siswa mendiskusikan pertanyaan yang
tertera di buku teks
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Siswa
membaca teks monolog lisan berbentuk hortatory
exposition
§
Siswa
memperhatikan tujuan tiap paragraf teks monolog lisan berbentuk hortatory exposition
§ Siswa
menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.
§ Siswa mendiskusikan isi jawaban mereka
§
Siswa mendengar teks monolog lisan berbentuk hortatory exposition yang didengar
melalui kaset secara klasikal.
§
Siswa
melengkapi teks teks monolog lisan berbentuk hortatory exposition dengan informasi yang didengarnya.
§
Siswa memjawab pertanyan mengenai teks yang
didengarnya.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa membuat kesimpulan mengenai karakteristik
teks monolog hortatory exposition dan
mendapat tugas membuat presentasi berkelompok mengenai Should Mobile Phones be Banned in Schools
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Script dari Look Ahead 2
- Penilaian
§
Teknik: Performance
Assesment
§
Bentuk: Cloze
passages (listening) pertanyaan
lisan, membaca teks monolog (speaking)
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 28
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Kemampuan memahami dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof, dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Kemampuan mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk narrative,spoof, dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Merespon makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: hortatory exposition
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: hortatory exposition
Indikator
§ Merespon
wacana monolog: hortatory
exposition
§ Melakukan
monolog berbentuk : hortatory
exposition
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog berbentuk hortatory
exposition
·
Siswa
dapat melakukan monolog berbentuk hortatory exposition
- Materi Pokok
Teks monolog berbentuk hortatory exposition, contohnya
berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview karakteristik teks monolog lisan hortatory exposition
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Siswa melakukan tugasnya, mempresentasikan teks
monolog lisan hortatory
exposition secara berkelompok
§ Siswa lain mendengarkan presentasi teks
monolog hortatory
exposition yang dilakukan kelompok lain
§ Siswa mengomentari presentasi teks monolog hortatory exposition yang dilakukan kelompok lain
§ Siswa mendiskusikan kekurangan presentasi
mereka masing-masing.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa mendapat feedback dari guru
§ Siswa mendapat pengarahan hal yang
diperlukan untuk mempresentasikan teks monolog hortatory
exposition
§
Siswa mendapat tugas untuk mempresentasikan teks
monolog hortatory exposition secara individu.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
- Penilaian
- Teknik: Performance Assesment
- Bentuk: Tugas presentasi berpasangan, Responding
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 29
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan
percakapan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan mengakses ilmu
pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan
tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima
Indikator
§
Merespon
wacana yang berkaitan dengan sosiokultural.
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat merespon wacana yang berkaitan dengan sosiokultural
- Materi Pokok
Wacana mengenai Touchy Topics
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Tanya jawab mengenai topik yang
biasa dibicarakan ketika pertama kali bertemu seseorang.
·
Kegiatan
Inti (30’)
§
Siswa membaca teks Touchy Topics dan menjawab pertanyaannya
§
Siswa menentukan apakah pertanyaan yang
disediakan sopan atau tidak untuk ditanyakan pertama kali di Amerika.
§
Siswa berpasangan menentukan pertanyaan tadi
dari sudut pandang budaya Indonesia.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa menyimpulkan topik yang yang biasa
dibicarakan ketika bertemu pertama kali di Amerika dan Indonesia.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
- Teknik: Nontes
- Bentuk: pertanyaan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 30
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk: hortatory exposition
Indikator
·
Mengidentifikasi makna dalam teks: hortatory exposition
·
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: hortatory
exposition
·
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks
hortatory exposition
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna
dalam teks hortatory exposition
|
·
Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
retorika dalam wacana: hortatory
exposition
·
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks
hortatory exposition
- Materi Pokok
Teks monolog/esei berbentuk hortatory exposition contoh,
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Tanya-jawab mengenai foto yang disediakan di buku teks
·
Kegiatan
Inti (110’)
§
Siswa membaca teks hortatory exposition dan menjawab
pertanyaan.
§
Siswa membaca kembali teks hortatory exposition tersebut
dan mengubah paragraf keempat dengan pendapatnya
§
Siswa berpasangan mengidentifikasi penggunaan Modal Verbs dan Adverbs of Certainty dan pengertiannya
§
Siswa membaca penjelasan tingkat kepastian dari
sebuah kesimpulan yang menggunakan Modal
Verbs atau Adverbs of Certainty
§ Siswa menganalisa tingkat kepastian
beberapa kesimpulan
§ Siswa membaca contoh-contoh Abstract Nouns
§ Siswa berpasangan mengidentifikasi Abstract Nouns dari suatu teks.
§ Siswa menentukan Abstract Nouns yang sesuai untuk kalimat
§ Siswa mengidentifikasi perbedaan
mengutarakann pertanyaan secara subyektif dan obyektif (subjective and objective statements)
§ Siswa membaca teks horatory exposition dan menggarisbawahi pernyataan subyektif.
§ Siswa mengubah pernyataan subyektif yang
ditemukan menjadi pernyataan obyektif.
§
Siswa melengkapi teks horatory exposition dengan kata penghubung dan frase yang tepat.
·
Kegiatan
Akhir (15’)
§
Siswa mereview ciri kebahasaan yang ada pada teks hortatory exposition
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
- Teknik: Tugas
- Bentuk: latihan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 31
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk: hortatory exposition
Indikator
·
Mengidentifikasi makna dalam teks: hortatory exposition
·
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: hortatory
exposition
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna
dalam teks hortatory exposition
|
·
Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
retorika dalam wacana: hortatory
exposition
- Materi Pokok
Teks monolog/esei berbentuk hortatory exposition contoh,
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Tanya-jawab mengenai gambar yang tertera di buku teks
·
Kegiatan
Inti (110’)
§
Siswa membaca teks hortatory exposition dan menjawab
pertanyaan.
§
Siswa membaca kembali teks hortatory exposition tersebut
dan memperhatikan teks organisasinya.
§
Siswa
menjawab pertanyaan mengenai teks hortatory exposition
§
Siswa memberi label/nama bagian-bagian dari teks
hortatory exposition
·
Kegiatan
Akhir (15’)
§
Siswa menyimpulkan ciri-ciri teks hortatory exposition (tujuan, organisasi teks dan ciri-ciri
kebahasaan)
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
- Teknik: Tugas
- Bentuk: latihan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 32
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei tulis berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: hortatory
exposition
2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima dalam teks berbentuk: hortatory exposition
Indikator
·
Mengidentifikasi makna dalam teks hortatory exposition
|
·
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: hortatory exposition
·
Menulis
teks berbentuk monolog/esei berbentuk hortatory exposition
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna
dalam teks hortatory exposition
|
·
Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
retorika dalam wacana: hortatory
exposition
·
Siswa
dapat menulis teks berbentuk monolog/esei berbentuk hortatory exposition.
- Materi Pokok
Teks
monolog/esei berbentuk hortatory exposition, contoh,
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa mereview berbagai aspek teks hortatory exposition.
(tujuan, organisasi, dan ciri-ciri kebahasaan)
·
Kegiatan
Inti (70’)
§
Siswa berkelompok melengkapi bagian-bagian teks hortatory exposition.
§
Siswa berkelompok menulis teks hortatory exposition, dengan memilih topik
yang disediakan atau pilihan sendiri
§
Siswa membaca tips untuk memudahkannya menulis
teks hortatory exposition
§ Siswa saling bertukar tulisan antar
kelompok dan menganalisanya
§ Tiap kelompok memberikan komentar atas
tulisan kelompok lain.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa menyimpulkan hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam menulis teks hortatory
exposition dan mendapat tugas untuk membuat draft tulisan hortatory exposition.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
- Teknik: Performannce Assessment
- Bentuk: latihan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 33
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: hortatory exposition
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei tulis berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Memahami dan
merespon makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: hortatory exposition
2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog/esei yang
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk: hortatory exposition
Indikator
·
Mengidentifikasi makna dalam teks hortatory exposition
|
·
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: hortatory exposition
·
Menulis
teks berbentuk monolog/esei berbentuk hortatory exposition
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi makna dalam teks hortatory exposition.
|
·
Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
retorika dalam wacana: hortatory
exposition.
·
Siswa
dapat menulis teks berbentuk monolog/esei berbentuk hortatory
exposition
- Materi Pokok
Teks monolog/esei berbentuk hortatory exposition
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa mereview berbagai aspek teks (tujuan,
organisasi, dan ciri-ciri kebahasaan)
§
Siswa
menggunakan checklist untuk
membantu menulis teks report
·
Kegiatan
Inti (70’)
§ Siswa
menulis teks hortatory exposition
§ Siswa memperlihatkan dfrat teks report
pertamanya kepada guru
§ Siswa diminta melakukan peer correction
§ Siswa mendapat evaluasi dari temannya
dan memperbaikinya
§ Siswa bertanya kepada guru yang
tidak dimengerti
§ Siswa mendapat feedback dari guru
§ Siswa
memperbaiki tulisannya
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa
mengumpulkan tulisan teks hortatory exposition
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
- Teknik: Performans Assessment, Checklist.
- Bentuk: tulisan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
0 comments:
Post a Comment